Tujuan akhir dari tata ruang kantor secara keseluruhan adalah untuk memperlancar komunikasi, mempermudah koordinasi dan pengawasan, dan dengan demikian meningkatkan efisiensi kerja pada umumnya. Jika suatu ketika terjadi perubahan yang mengakibatkan pengaruh terhadap kantor maka perlu dilakukan peninjauan tata ruang kantor yang ada.
Penataan Tata Ruang Kantor
Untuk mencapai tujuan efisiensi kerja maka perlu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan pengaturan dan penataan tata ruang kantor yang meliputi:
- Tata tempat, merupakan pengaturan tempat untuk bekerja sesuai dengan urutan proses pekerjaan untuk prosedur kerja berjalan secara berirama, harmonis dan efektif
- Tata udara, merupakan pengaturan udara sehingga menjamin sirkulasi udara yang sebaik-baiknya untuk menjamin kenyamanan dan kesehatan;
- Tata cahaya merupakan pengaturan penerangan sehingga terjamin adanya penerangan yang cukup dan baik;
- Tata warna, merupakan pemberian warna pada dinding atau plafon sehingga suasana tenang dan menarik bagi karyawan dan memberikan kesan yang baik bagi para tamu
- Tata suara adalah mencegah masuknya suara dari luar yang dapat mengganggu konsentrasi, saraf dan ketenangan kerja pegawai dalam ruangan yang bersangkutan
- Tata keindahan dan kebersihan. Ini erat hubungannya dengan tata warna dan tata cahaya dengan suasana yang bersih, dan indah tentunya akan menimbulkan rasa nyaman;
- Tata keamanan dan keselamatan yang merupakan keamanan dan keselamatan dalam bekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar