Selamat datang

Jumat, 12 Mei 2017

azas-azas perkantoran

prinsip-prinsip atau azas-azas perkantoran yaitu:

1. Azas mengenai jarak terpendek. 

Suatu tata ruang yang terbaik adalah suatu pengaturan ruang yang memungkinkan proses penyelesaian suatu pekerjaan menempuh jarak yang sependek mungkin, sehingga mencegah penghamburan tenaga maupun waktu kerja. 

2. Azas mengenai rangkaian kerja. 

Yang dimaksudkan dengan azas rangkaian kerja adalah penempatan orang maupun barang atau alat menurut rangkaian yang sejalan dengan urut-urutan penyelesaian pekerjaan yang bersangkutan. Azas ini merupakan kelanjutan atau kelengkapan dari azas jarak terpendek. Menurut azas ini suatu pekerjaan sebaiknya bergerak maju dan tidak bergerak mundur atau menyilang, sehingga bergeraknya pekerjaan adalah lurus, tidak menyilang atau mundur.  

3. Azas mengenai penggunaan segenap ruangan. 

Ruangan yang ada hendaknya dimanfaatkan sepenuhnya, maksudnya diharapkan tidak ada ruang yang kosong baik secara vertical maupun secara horizontal. 

4. Azas mengenai perubahan susunan tempat kerja. 

Ruangan yang baik sebaiknya adalah ruangan yang dapat diatur atau dapat dirubah setiap saat karena ada kemungkinan pemanfaatan ruangan lain-lain pada waktu-waktu tertentu, serta kemungkinan perkembangan dan perluasan di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Personal Komputer

11.     Personal Komputer